Minggu, September 19, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polri Luncurkan Pelayanan SIM Berbasis Online, Tak Perlu Lagi Datang ke Kantor Polisi Urus SIM

TANJUNG SELOR – Peluncuran aplikasi Surat Ijin Mengemudi Nasional Presisi (SINAR) oleh Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) digelar serentak di seluruh Indonesia, Selasa (13/4) bertempat di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), Daan Mogot, Jakarta.

Peluncuran aplikasi ini juga dilaksanakan melalu zoom meeting. Hadir dalam pertemuan virtual di Command Center, Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara adalah perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltara, pimpinan pada instansi vertikal wilayah kerja Kaltara, dan pimpinan perbankan nasional.

SINAR merupakan program inovasi one stop service dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. SINAR dirancang menjalankan penyelenggaraan pelayanan publik dimasa pandemi dan menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

Hal ini sejalan dengan program 100 hari Kapolri pada bidang transformasi pelayanan publik berbasis IT dan terintegrasi. “Sore hari ini kami (Polri) melanjutkan janji kami sebagaimana yang pernah kami sampaikan sebelumnya bahwa kami, Polri harus terus mengikuti perkembangan lingkungan strategis,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada kata sambutannya.

Disebutkan bahwa ada empat layanan pada aplikasi SINAR yaitu; perpanjangan SIM A atau SIM roda empat dan SIM C atau SIM roda dua; teori uji coba SIM online; layanan pemeriksaan psikologi (E-PPsi) dan layanan pemeriksaan kesehatan (E-Rikkes).

“Masyarakat di Indonesia yang di dalam maupun diluar negeri kita harapkan bisa mendapatkan pelayanan SIM dari rumah atau dari mana masyarakat itu berada,” lanjut Listiyo.

Pelayanan aplikasi SINAR ini, hanya bisa menggunakan satu nama orang dan satu nomor kependudukan. Perlu diketahui, bahwa aplikasi ini adalah aplikasi pertama yang ada di Indonesia bahkan di dunia.

“Mudah-mudahan ini menjadi semangat baru untuk kita, tidak perlu mengantri lagi, datang ke kantor untuk mengurus SIM. Tetapi dengan menggunakan aplikasi, 15 menit sudah bisa terkoneksi ke sistem,” ungkap Norhayati usai mengikuti pertemuan.

Menurut Norhayati Andris, melihat invoasi-inovasi yang telah ditampilkan merupakan upaya dari Polri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Norhayati mengapresiasi perjuangan yang dilakukan oleh Korlantas Polri.

“Aplikasi ini memudahkan kita menggunakannya dengan mendownload aplikasi di gadget kita. Tidak ada lagi masyarakat yang mengurus menggunakan jasa orang (calo,red). Aplikasi ini jauh lebih efektif dan efesien” lanjut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kaltara ini.

Plt. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taupan Majid juga menyatakan hal serupa. Bahwa dengan aplikasi SINAR, proses perpanjangan SIM lebih praktis dan simple. “Ini (aplikasi) adalah terobosan yang sangat baik. Apalagi tadi, pelayanan satu hari di Indonesia bisa mencapai 30 ribu. Bayangkan kita bisa menghemat pelayanan yang sampai 30 ribu itu. Tinggal bagaimana edukasi pengenalan kepada masyarakat,” ujar pria yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara ini. (ahy/red)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER