Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terbakar saat Merapat Menjemput Penumpang, Speedboat Terbakar di Pelabuhan Tarakan 

TARAKAN – Speedboat Dewa Sebakis III hangus terbakar di sekitar dermaga keberangkatan Tengkayu I Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Minggu (29/03) sekira pukul 14.00. Ledakan bermula  pada bagian tengah pembuangan uap minyak mesin.

Dijadwalkan speedboat berwarna putih dengan les biru itu, akan menjemput penumpang di dermaga keberangkatan. Kapal ini melayani rute Kota Tarakan menuju Kabupaten Nunukan.

“Kami belum mengetahui penyebab pasti speedboat itu terbakar, kami akan selidiki. Tapi dari kejadian ini tidak ada korban jiwa,” ujar Perwira Jaga KSOP Kelas lll Tarakan M Hasim Said, kepada wartawan.

Speedboat diketahui akan bersandar di dermaga dalam posisi mundur. Namun, tiba-tiba speedboat mengeluarkan asap. ABK pun langsung memastikan sumber asap itu dan tak berselang lama api membesar. “Begitu mengetahui terjadi kebakaran, ABK yang berada di speedboat langsung terjun ke laut,” katanya.

Selanjutnya, KSOP Kelas lll Tarakan akan melakukan pemanggilan terhadap nahkoda dan ABK, juga melakukan pemeriksaan terkait penyebab terjadinya kebakaran speedboat Dewa Sebakis Sakti 3 itu. Akibat kejadian ini, penumpang dengan tujuan Nunukan akan dialihkan menggunakan speedboat lain.

Sementara itu, Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira mengatakan berdasarkan saksi-saksi dan hasil pemeriksaan polisi, speedboat Dewa Sebakis III sekitar pukul 13:50 Wita menuju dermaga Tengkayu I untuk mengambil penumpang tujuan  Nunukan. “Posisi speedboat sendiri sekitar 200 meter dari dermaga keberangkatan penumpang Tengkayu I,” ucapnya.

Speedboat berkapasitas  sekitar 50 penumpang tersebut direncanakan berangkat pukul 14:30 Wita, namun saat hendak merapat ke dermaga, tiba-tiba terdengar bunyi ledakan dan kobaran disertai asap hitam.  “Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, motoris dan anak buah kapal sempat menyelamatkan diri lombat ke air,”  ungkap Kapolres. “Menurut saksi, api sangat cepat menjalar keseluruh badan speedboat, adapun nilai taksiran kerugian sekitar Rp 4 miliar,” tambahnya.

Sementara itu, Hasyim, salah satu saksi yang berada di dermaga saat peristiwa terjadi mengaku melihat speedboat tiba-tiba mengeluarkan asap disusul dengan api, lalu kemudian meledak. “Speedboat baru mau kesini (dermaga) dalam posisi mundur, waktu mau sandar bunyi ledakan tapi itu belum keluar api,” katanya.

Speedboat ini diawaki oleh empat ABK, termasuk motoris itu merupakan unit baru dan belum setahun beroperasi.  Pemadaman dilakukan dengan menurunkan sebanyak 8 mobil fire rescue, mobil suplay dibantu juga 1 unit mobil fire rescue milik PT Pertamina EP Tarakan Field. Api baru berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan sekitar 15 menit, dengan menggunakan foam karena speedboat terbuat dari bahan fiber dan terdapat banyak minyak. (red)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER