TANJUNG SELOR – Dalam gerakan organisasi pemerintah di era modern memerlukan kinerja Aparat Sipil Negara (ASN) yang berkualitas. Kendati demikian, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) melaksanakan Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), CPNS Kabupaten Tana Tidung, dan CPNS Kabupaten Malinau.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen TP yang mewakili Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang, Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Plt.Bupati Malinau, serta Bupati Kabupaten Tana Tidung yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tana Tidung.

Wagub Yansen TP mengatakan, kinerja aparatur yang berkualitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik memerlukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terencana dengan baik melalui pengembangan potensi dasar para ASN.

“Pelatihan adalah upaya untuk mewujudkan ASN yang efektif, efisien, bersih, dan berwibawa dalam melaksanakan seluruh tugas pemerintahan. Selain itu, diharapkan juga untuk sadar akan tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.” Kata dia saat memberikan sambutan secara daring melalui Zoom meeting, Rabu (24/3).

Menurut pria kelahiran Krayan Selatan ini, organisasi pemerintahan memerlukan aparatur yang unggul serta memiliki jiwa kompetitif di bidang masing-masing. “Saya berharap seluruh CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltara baik dari Kabupaten Tana tidung maupun Kabupaten Malinau dapat terus meningkatkan kompetensi dasarnya sesuai dengan bidang serta tugas masing-masing untuk menumbuhkan budaya yang kreatif,” ujar mantan Bupati Malinau ini.

Penulis buku yang berjudul Revolusi dari Desa ini menambahkan, kepada peserta pelatihan CPNS untuk tidak menyederhanakan setiap kegiatan yang dilaksanakan. Di sisi lain, ia berharap para penyelenggara dapat meningkatkan fasilitas pelatihan di tengah pandemi agar pelaksanaanya berlangsung lancar.

“Dalam masa pandemi ini para CPNS dan PNS harus terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebab penyebaran Covid -19,” tandasnya.(ian)